Komunikasi dalam Organisasi TUGAS 7
Komunikasi
dalam Organisasi
Komunikasi
dalam Organisasi
Organisasi
adalah sekelompok masyarakat yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu
tujuan tertentu. Komunikasi adalah perekat yang memungkinkan kelompok
masyarakat tersebut secara bersama-sama melakukan fungsinya dengan baik.
Komunikasi
dalam organisasi adalah proses menciptakan dan saling menukar pesan dalam
hubungan jaringan yang saling bergantung satu sama lain untuk mengatasi
lingkungan yang selalu berubah-ubah. (Goldhear, 1986).
PROSES
KOMUNIKASI dalam ORGANISASI
Proses
berkomunikasi dimulai dari adanya pesan yang akan disampaikan oleh pengirim,
kemudian ditransfer melalui suatu channel (saluran), kemudian diterima oleh
penerima.
Terdapat dua
bentuk, yaitu:
Formal
Small-Group Network, yaitu jaringan komunikasi secara formal di dalam kelompok
kecil di dalamorganisasi. Secara umum, bentuk komunikasi ini terdiri dari tiga
bentuk, yaitu bentuk chain(rantai), wheel, dan all chain (perpaduan dari chain
dan wheel)
The
Grapevine, yaitu jaringan komunikasi di dalam organisasi secara informal.
DEFINISI
KOMUNIKASI
Harold
Lasswell
Komunikasi
pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa? mengatakan apa?
dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau hasil apa? (who? says
what? in which channel? to whom? with what effect?). (Lasswell 1960).
Raymond Ross
Komunikasi
adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa
agar membantu penerima pesan membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang
serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.
Gerald R.
Miller
Komunikasi
terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar
untuk mempengaruhi perilaku mereka.
Everett M.
Rogers
Komunikasi
adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak
penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
Carl I.
Hovland
Komunikasi
adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan
(biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang
lain.
New Comb
Komunikasi
adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari
sumber kepada penerima.
Bernard
Barelson & Garry
Komunikasi
adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya
dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb.
Colin Cherry
Komunikasi
adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan untuk
mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang
ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.
William J.
Seller
William J.Seller
mengatakan bahwa komunikasi adalah proses dimana simbol verbal dan nonverbal
dikirimkan, diterima dan diberi arti.
UNSUR-UNSUR
KOMUNIKASI
Sumber,
semua periwtiwa komunikasi akan melobatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim
informasi.
Pesan, pesan
yang dimaksud dalam proses komunikasi adalah sesuatu yang disampaikan pengirim
kepada penerima. Pesan dapat disampaikan dengan cara tatap muka atau melalui
media komunikasi.
Media,
sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada
khalayak. Media digolongkan dalam empat
macam. Media antarpribadi, media kelompok, media publik dan media massa.
Penerima,
Penerima adalah pihak yang menjadi
sasaran pesan yang dikirim oleh sumber.
Penerima bisa terdiri satu orang atau lebih, bisa dalam bentuk kelempok,
partai atau negara. Penerima biasa disebut dengan berbagai macam istilah,
seperti khalayak, sasaran, komunikan, atau dalam bahasa Inggris disebut
audience atau receiver.
Pengaruh
atau Efek, Pengaruh atau efek adalah perbedaan antara apa yang dipikirkan,
dirasakan, dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan.
Pengaruh ini biisa terjadi pada pengetahuan, sikap dan tingkah laku seseorang.
Oleh karena itu, pengaruh bisa juga diartikan perubahan atau pengetahuan, sikap,
dan tindakan seseorang sebagai akibat penerimaan pesan (Hafied Cangara,
2008;22-27).
TAHAPAN-TAHAPAN
MENYALURKAN IDE MELALUI KOMUNIKASI
(a) Ide (gagasan) oleh sender.
(b) Perumusan yaitu dalam perumusan ini ide si
sender disampaikan oleh kata-kata.
(c) Penyaluran (transmitting) yaitu penyaluran
ini bisa lisan,tertulis,simbol maupun isyarat,dll.
(d) Tindakan yaitu tindakan ini sebagai contoh
perintah-perintah dalam organisasi dilaksanakan.
(e) Pengertian yaitu kata-kata si sender dalam
perumusan tadi dijadikan ide oleh si penerima.
(f) Penerimaan yaitu ide atau informasi ini
diterima oleh penangkap berita (receiver).
HAMBATAN-HAMBATAN
KLASIFIKASI DALAM KOMUNIKASI dalam ORGANISASI
Di bawah ini
ada beberapa klasifikasi komunikasi dalam organisasi yang di tinjau dari
beberapa segi :
Dari segi
Sifatnya :
a)
Komunikasi Lisan; komunikasi yang berlangsung lisan / berbicara
Contoh :
presentasi
b)
Komunukasi Tertulis; komunikasi melalui tulisan
Contoh :
email
c)
Komunikasi Verbal; komunikasi yang dibicarakan/diungkapkan
Contoh :
curhat
d)
Komunikasi Non Verbal; komunikasi yang tidak dibicarakan (tersirat)
Contoh :
seseorang yang nerves (gemetar)
Dari segi
Arahnya :
a)
Komunikasi Ke atas; komunikasi dari bawahan ke atasan
b)
Komunikasi Ke bawah; dari atasan ke bawahan
c)
Komunikasi Horizontal; komunikasi ke sesama manusia / setingkat
d)
Komunikasi Satu Arah; pemberitahuan gempa melalui BMKG (tanpa ada timbal balik)
e)
Komunikasi Dua Arah; berbicara dengan adanya timbal balik/ saling berkomunikasi
Menurut
Lawannya :
a)
Komunikasi Satu Lawan Satu; berbicara dengan lawan bicara yang sama banyaknya
Contoh :
berbicara melalui telepon
b)Komunikasi
Satu Lawan Banyak (kelompok); berbicara
antara satu orang dengan suatu kelompok
Contoh :
kelompok satpam menginterogasi maling
c) Kelompok
Lawan Kelompok; berbicara antara suatu kelompok dengan kelompok lain
Contoh :
partai politik
Menurut
Keresmiannya :
a)
Komunikasi Formal; komunikasi yang berlangsung resmi
Contoh :
rapat pemegang saham
b)
Komunikasi Informal; komunikasi yang tidak resmi
Contoh :
berbicara dengan teman
Referensi :
Buku
Perilaku Organisasi Jilid 1
Buku
Manajemen Pasar. Pengertian dan Masalah
http://www.manajemenperusahaan.com/komunikasi-dalam-organisasi/
https://amirlahjeni.wordpress.com/2012/03/30/unsur-unsur-komunikasi/
Komentar
Posting Komentar